Thursday, April 26, 2007

SEKOLAH MENULIS

Hari minggu, 22 april 2007, gw diajak utk partisipasi dlm acara 'sekolah menulis' yg diselenggarain gagas media di kampus Al-Azhar.
Gw kebagian ngisi acara jumpa penulis. Maksudnya, peserta sekolah menulis ketemu sama penulis utk tukar pikiran.
Krn gw datang kepagian (harusnya session jumpa penulis jam 1 siang, tp jam 12 gw udah datang), akhirnya gw sempat nyimak sedikit sisa kegiatan sekolah menulis yg diadain dari pagi sekitar jam 9. Dan...
Gw bingung!
Kenapa juga gue yg diundang??? Apa penulis lain yg jam terbangnya udah tinggi kebetulan gak ada yg bisa datang dan akhirnya dgn terpaksa gw yg diundang dgn catatan drpd gak ada penulis yg datang??
Kenapa gw bingung?
Krn, para peserta pasti butuh masukan dr mereka yg udah sangat berpengalaman menulis dan bisa dikategorikan hebat. Sementara gue merasa kalo pengalaman gw dlm bidang tulis menulis yg sangat minim ini gak cukup utk memberi masukan pada mereka.
So,
ketika pada akhirnya waktu gue untuk maju ke depan podium tiba..., gue bingung mesti ngomong apa. Gue liat satu persatu wajah para peserta. Cuma satu yg kesan yang bisa gue tangkap : mereka sama bingungnya sama gue!
Finally gw tau kenapa gue harus bicara hari itu. Krn, gue bisa bercerita apa yg gue alami sebagai penulis baru. Gw gak lebih hebat dari mereka, gw gak lebih berpengalaman dari mereka, gw gak lebih tau dari mereka, dan satu yg pasti... gw gak lebih terkenal dari mereka.
So,
gw cuma bilang sama mereka : "Elo gak akan tau apa elo termasuk penulis yg baik atau buruk kalo elo gak pernah nyoba nulis. Jadi, mulailah menulis dan lupakan semua teori tentang bagaimana cara menulis yg baik dan benar."
Wajah mereka mulai santai dan mereka mulai tertawa.

Satu peserta pria bertanya sama gw, "Kalo kita udah coba menulis dan hasilnya buruk, kita coba lagi dan tetap buruk, apakah di titik itu kita harus menyadari kalau menulis adalah sebuah bakat dan kita tidak berbakat?"
Gw jawab : "Itu hak lo utk menilai diri lo. Tapi satu yg pasti, elo pasti akan menyesal kalo nggak mencoba."
Peserta pria yg lain bertanya, "Gw suka menulis dan pingin jadi penulis. Tapi setiap kali gue duduk di depan komputer or kertas kosong dan mau mulai menulis, gue merasa blank. Apa yg mesti gue lakuin?"
Gw jawab : "Mulai menulis walaupun itu cuma satu kata."
Peserta wanita bertanya, "Waktu elo dulu nulis marriagable, apa elo bikin plot tulisan?"
Gw jawab : "Nggak. Krn gw gak tau gimana caranya bikin plot."
Peserta wanita lain bertanya, "Karakter Flory yg elo bikin sangat kuat. Gimana caranya bisa bikin karakter sekuat itu?"
Gw jawab : "Karena sebagian dari Flory adalah gue."
Peserta pria bertanya, "Judul marriagable itu unik. Gimana caranya elo bisa bikin judul yg unik?"
Gw jawab : "Itu usul editor gw. Tadinya gw bikin judul 'Flory'. Tp menurut editor gw, judul itu kurang menjual."
Peserta wanita bertanya, "Banyak istilah dan joke yg elo buat sangat unik dan segar. Contohnya, elo bikin analogi rahim perempuan dengan susu ultra yg punya expired date dan sperma laki-laki dengan wine. Gimana caranya bisa bikin seperti itu?"
Gw jawab : "Bergaul. Punya banyak teman, baca banyak buku, nonton banyak film, dengerin banyak musik dan jangan lupa... baca tabloid dan nonton infotainment."
Peserta pria bertanya, "Sebagai langkah awal utk jadi novelis atau penulis, apa yg harus gue lakuin?"
Gw jawab : "Menulis."

Semua peserta tertawa. Mungkin jawaban gw gak cukup memberi pencerahan utk kebingungan mereka. Tapi satu yg pasti, mereka merasa lega karena ada org yg sama bodohnya dengan mereka yg berhasil nerbitin sebuah novel.

SEBENARNYA YG KITA BUTUHKAN ADALAH MENGETAHUI KALAU KITA BUKAN SATU-SATUNYA ORANG BODOH YANG HIDUP DI DUNIA.
DAN WAKTU KECIL EINSTEIN ADALAH AUTIS, BILL GATES DITOLAK HARVARD, THOMAS ALFA EDISON KESULITAN MENGEJA DAN J.K. ROWLING MULAI MENULIS DI USIA TUA DAN DI ATAS SELEMBAR TISSUE KARENA DIA TIDAK PUNYA UANG.

SESUATU YG BESAR TIDAK AKAN MENJADI BESAR KALAU KITA TERLALU TAKUT UNTUK MEMULAINYA.... riri sardjono.

15 comments:

Sitta said...

berkat post mbak riri yang satu ini saya nekat ngiriman tulisan saya ke lomba menulis fiksi montana dengan tema wajib yaitu petualangan di gunung gede-pangrango.

saya ga pernah ke gede-pangrango.

bahkan saya ga pernah mendaki gunung.

saya pingin berpetualang, tapi sama sekali belum pernah melakukan sesuatu yang signifikan di alam bebas.

berkemah aja ga pernah.

tapi saya inget kata-kata: KALAU KITA BUKAN SATU-SATUNYA ORANG BODOH YANG HIDUP DI DUNIA

walaupun hasilnya adalah cerita fiksi yang truly madly deeply sok tau, akhirnya saya kirim juga naskah itu.

di hari terakhir pengirimannya, tgl 15 mei kemarin :D

thx, you've made me make one more step ;)

riri sardjono said...

wow...
gw gak pernah nyangka tulisan gw bisa memotivasi orang. It feels amazing!
Sitta,
gw beberapa kali baca karangan lo di blog. Mnrt gw, u're a wonderful writer. Gw tunggu novel lo, Darling.

Sitta said...

*blushing all the way*

Sitta said...

Mbak,
Cerita yang saya kirim itu juara 1 lomba lho.. Kaget saya pas pengumumannya 14 Juni lalu.
Hadiahnya kaos very limited edition n naik gede gratis dg akomodasi! ;)

ika stanie said...

hallow mba riri,jujur waktu kemaren beli novel Marriagable itu,saya emang lagi ketagihan baca novel (berhubung lg libur kuliah).
dan dari semua novel yg saya beli saat itu,tampaklah bahwa saya desperate untuk memahami arti LOVE yg sebenernya..
tapi alhamdulillah dari Marriagable mba riri,saya bisa melihat satu sisi tentang pernikahan yg tanpa cinta tapi weting tresno jalaran soko kulino...ah,betapa org tua jaman dulu sayang sekali sama kita dgn membuat 'slogan' yg unbelieveable but true ini.
tentang tulis menulis,dari dulu -sekitar SD akhir,skrg KAMPUS akhir- saya suka sekali menulis,tapi hanya untuk saya baca sendiri,hehe..terkadang 'novel saya sendiri' itu tersimpan nyaman di folder laptop saya (hibernasi,gitu)..tiba-tiba sewaktu saya buka-buka folder,ketemulah folder 'novel'..saya baca lagi,dlm hati "lho, ini pernah gue tulis ya?kapan ya?kok bagus,tapi rada aneh?"
yah,dan itu terjadi terus tanpa saya berani menyelesaikan novel 'antik' saya itu.
saya hanya minta do'a aja,mba..karena sampe sekarang mood saya untuk menulis novel itu lagi kandas...jadi saya beralih menjadi 'penulis blog klas teri' untuk sementara waktu,bikin blog sendiri,bikin blog dr Friendster account.. hah! usaha cari perhatian dr temen2 deket gitu deh mba...
-mba,sesama orang bodoh harap saling mendoakan dan memberi semangat,yah?hehehe-

Ratusya said...

barir.... gue keilangan jejak loe di perkancahan blog. Akhirnya gue musti buka blog gue dulu, trus cari comment dari lu, trus klik blog lu di profile lu, baru deh gue bisa liat blog lu lagi...
Blog lu ngapa sih? di ganti ya alamatnya or ga dipublish secara umum? waduh... ribet...
Kalo gue nelpon lu pun selalu diwaktu yang ga tepat. Mulai dari lu lagi di acara tahlilan sampe lu lagi meeting...
hiks... kapan2 ngadain ketemuan para marriagable fans dong... wakakakak
miss you (walau ga pernah ketemu :P)

Riski Hapsari said...

Dear Riri...
gue sukaaaaaaaa... tulisan lu yang ini, bener-bener menginspirasi gue yang baru belajar nulis (dan sering ngerasa kenapa baru sekarang gue mulai nulis)

Sebenernya baru kemaren siang gue nemu buku "Marriagable" karya lu di gramedia (dan baru beberapa menit lalu berhasil nyelesein tu buku). Terus terang covernya kalah menarik sama buku-buku lain yang ada di sampingnya. Tapi bener kata Windy... judulnya cukup berhasil bikin orang kaya gue jadi penasaran. Dan isinya juga bener-bener tidak mengecewakan (bc: Bagussss bangett)

gue tunggu ya buku yang kedua, semoga kali ini gak harus melewati proses editi mengedit yang terlalu lama... hehehehe

Gud luck Dear
kikie

Unknown said...

Mbak riri... Maafkan saya kalo buku Marriageable yang saya baca hanya sekedar pinjeman dari adik saya dengan alsan "kamar gua udah kepenuhan buku Mi..". Saya suka dialog-dialog hiperbolis sarkastis di novel Mbak. Cerdas. Dan saya merasa mendapat pencerahan (lagi, entah untuk yang keberapa kalinya saya mendapat pencerahan)oleh posting Mbak yang satu ini. Baik tentang menulis, mengawali untuk menulis, dan untuk menyadari, bahwa masih banyak orang bodoh di dunia ini selain saya.
Saya menunggu karya kedua Mbak.

R.e.t.h said...

Haaaiiii mbak Riri, pakabar? (hopefully masi inget aku *tsah Retha sok bgt minta diinget*)

You know,
actually aku dah sdikit² blajar untuk nulis since smp yang nun dimasa jauuhhh nan lampau ;p Lumayan banyak cerpen² amatiran yg aku bikin, sempet kirim ke majalah remaja en ditolak..katanya ceritanya terlalu umum dan lumrah (emang sih, masalah cinta²an, abisnya..apalagi topik yg qta kuasain except that?) Dan itu bikin aku down en membundel erat smua hasil pikiran amatiranku berdebu dalam satu folder dikomputer, tak tersentuh.

Hingga skarang...

Mulai lagi nih belajar en coba² buat jadi-calon-penulis-novel. Udah usaha bikin skitar 30 halaman, stuck. (kena writer's block kali ya, hehehe)

Eh tapi tulisan mbak Riri yg ini mecut aku buat nyoba belajar lagi, lanjutin lagi. Who knows, someday..someday..someday..(ah ga mau ngayal jaoh² dulu, takut kecewa, ekekekek)
But thanks though! ^^

*Retha pulang kost langsung nyalain laptop en lanjut ngetik*

Anonymous said...

Nice to know u, absolutely!
Gila, baru kali ini seumur-umur baca novel langsung bisa netesin air mata!
Kira-kira flory benaran ada gak di dunia nyata? mau dunk dikenalin..
Pertama, kali baca marriagable cuma minjem, tapi dua hari berikutnya langsung niat beli!
Ck...ck... Amazing!

Flory emang super duper keren,
tapi yang nulis...
Good job, Bro!

Anonymous said...

salam kenal riri :)
satu pesan yg selalu aku inget dari senior editorku kalau ada reporter baru yang nanya gimana cara menulis yang baik, jawabannya selalu: ya menulis saja.
Sama dengan jawaban kamu...

Novelnya bagus... banyak kalimat segar yang nggak biasa. Two tumbs up, riri :)

Anonymous said...

one more reason to start writing...

Anonymous said...

whew..inspiring deh

betul! sesuatu yg besar ga akan jadi besar kalo kita terlalu takut buat memulainya

kadang kita terlalu takut salah
kadang kita suka takut soal komentar orang
kadang kita terlalu takut untuk memuali sesuatu yang baru

makasiiiii mbak dah nyemangatin, hwehwehwe ^^

Anonymous said...

Speechless....stlh baca 'Marriageable'.
Jadi semakin smangat buat blajar menulis.
Saluuut....

utopia girl said...

ah... sangat menginspirasi... thanks, mbak... saya suka menulis, tapi kesulitan untuk menyelesaikannya. jadi di buku kecil saya berisi potongan2 cerita yang belum selesai....
saya jadi lebih semangat untuk menulis.... ^^

ditunggu karya berikutnya... aku suka banget marriagable, one of my favorite! cerdas, segar... tapi daleeeeem....