Sunday, December 17, 2006

NOVEL KE-2

Selama ini gw pikir ngambil satu langkah awal adalah hal yang terpenting, so kebelakangnya tinggal maju terus. Cingcailah istilahnya. Tapi kayaknya gak berlaku utk nulis novel (ini menurut gw loh).
Novel pertama emang rumit krn gw gak tau apa2 ttg apa yg harus gw lakuin utk nulis novel. Gmn tata bahasanya, gmn ngedit percakapannya, gmn bikin plot yg baik, apa informasi yg harus gw tulis dan tidak, mana yg bisa dihilangkan atau tidak, mana yg harus disingkat, gmn bikin tuh cerita gak ngebingungin atau ngebosenin... blablabla..
Tapi novel kedua beda.
Gw mungkin sedikit lebih fasih, udah lumayan tau cara n peraturannya, tp harus gue akui... tau semua rule itu bikin keliaran di dalam kepala gw jadi terkendali. Gw gak suka itu.
Waktu di novel pertama, gw punya satu ketakutan : apakah novel gw akan disukai pembaca?
Thx god, novel gw release n banyak komen yg bagus. Berarti cukup banyak org yg suka sama novel gw.
Tp itu blunder, tantangan sekaligus ketakutan baru buat gw dalam menulis novel yg kedua.
Bikin sesuatu yg baru itu susah, apalagi sesuatu yg baru dan bagus. Tp bikin sesuatu yg tetap bagus setelah menelurkan sesuatu yg bagus... Gosh, itu mengerikan.
Apa mereka yg udah baca novel gw akan tetap suka sama novel kedua gw atau kecewa? Atau lebih baik gw pertahanin prestasi itu dan menulis sesuatu yg mirip tapi gw takut org2 akan bosan. Gmnpun, yg kedua kesannya gak akan seliar yg pertama. Yg kedua kesannya cuma... mati ide!
Sekarang gw ngerti kenapa ada beberapa penulis yg frustasi... mungkin gini rasanya. Tp gw gak mau frustasi, mendingan horny daripada frustasi.
So, gw lagi nulis novel yg kedua. Gw cuma berharap mereka yg pernah baca marriagable melepaskan novel itu dalam kepala mereka saat (kalo mereka masih minat beli novel gw tapinya... huuu ge-er banget gw yak) mereka baca novel kedua gw.
Hope they will like it like they like marriagable. Soalnya, sebagai manusia, gw seneng baca komen yg menyenangkan. Gw gak mau naif, tp sbg penulis (amatiran) komen yg cool itu pencapaian yg luar biasa dan bayaran yg luar biasa utk kerja keras gw. What can I say? Gw bukan seniman yg gak peduli komentar org, yg penting karya gw coy! Gw butuh komentar org dalam bentuk yg membuai gw. Egois? Mungkin. Human? Mungkin itu cuma bentuk pembenaran. Singkatnya... itu yg gue rasa... that's me!

Org bijak bilang, pujian itu menyesatkan.
Gue bilang, thank God gue bukan org bijak.

love all your comments guys... it makes me feel become... SOMEONE!
Dan itu adalah inti dari pencarian hidup gue, I wanna be someone.
I think it's great life achievement.
Being someone.

6 comments:

Sitta said...

I wanna be someone, I wanna go somewhere..

I wanna be an author too; tapi seringnya merasa ga punya alasan yang kuat untuk menulis yang mengakibatkan mati ide di tengah2 perjalanan.

Satu2nya novel yang jadi (but ga di-publish, just for friends), judulnya: Pippi di Afrika (fan fiction dedicated to sahabat saya yang sukaaaa sekali sama Pippi-nya Astrid Lindgren). Nah, dedikasi kaya itu sulit saya dapetin, makanya sampe sekarang ga pernah nerbitin apa-apa..

Dan FYI, kalo saya sih ngeliat novel dari gambar covernya dulu :))
Jadi, covernya mesti manis n mengundang tangan2 jahil untuk membaca referensinya.

I'll wait for your novel kedua yang penuh dedikasi (I hope).. :x

purple said...

loved ur 'marriagable'. KApan nich nerbitin novel keduanya??... looking forward to buy...

Anonymous said...

mbak riri.. Novelnya.. pertama.. mmmm...dahsyat... keren.. ga cewe bgt.. bkin semanagt.. tp kenapa akhirnya bisa ketebak yah..!!?? hehehe....,,,
masukan nie mbak,nti novel kedua nya endingnya yg extraordinary jg dunks.. hehehe... ga mesti happy ending khan.. endingnya gantung jg ga jelek ko'. hehehe... di waiting nie mbak novel lanjutannya...
Oia.. Covernya.. lebih eye catching dunks mbak...
Oia.. di novel mbak blm dijelasin.. emank klo qt mw kawin ma politisi knapa mbak??

Anonymous said...

suka banget sama marriagable.. banyak sindiran2 yang lucu mirip tipe adachi mitsuru ( pengarang manga )

sudah lama tunggu novel keduanya tapi kok belum muncul juga.. ternyata masih dalam proses to... tetep di tunggu ya... semangat!!!!

dhey said...

"Tp gw gak mau frustasi, mendingan horny daripada frustasi."??

once again, u're inspiring me, mbak..

cukup membuai??

nah, bikin yg lebih asik lg ya mbak..
amunisi buaian2 berikutnya siap ditembakkan..

Gizuka-Chan said...

ka riri
aku suka banget sama novel kaka yang marriagable.
suka banget.
banyolan.y kaya obrolan aku sama temen.temen.
brasa aku yang jadi tokoh utama.