Friday, September 01, 2006

marriagable

marriagable adalah... my first novel.
Awalnya gw kasih judul FLORY, sesuai dgn nama tokoh utamanya. Tp karena menurut Windy, editor gw, kurang 'menjual', maka akhirnya diganti jadi marriagable.
Marrigable mulai gw tulis sekitar th. 2000 dan gak selesai. Saat itu gw cuma tulis sekitar 10 halaman dan kemudian stuck alias mati ide. Mungkin krn gw sebenarnya gak suka bikin ending. Krn menurut gw, ending artinya waktu mengkhayal gw selesai. Padahal, berkhayal itu, kan, enak.
Trus, th 2005, pacar gw nantangin, "Berani nggak diterbitin?"
Gw gitu loh... nyaut aja tanpa mikir... "berani! Kenapa gak?"
Nah, abis itu baru gw mikir.
Gimana caranya nyelesein novel yg plot besarnya aja masih blur di kepala gw?

Pada akhirnya gw butuh waktu selama 6 bulan buat nyelesein novelnya. Abis itu gw mulai hunting penerbit yg pas di hati. "Hmmm... kayaknya gagas media." Deg2an, gw masukin naskah gw. Sebulan gw nunggu jawaban dan...

kriiing.....
Windy (yg akhirnya jd editor gw) telp dan bilang... "Mbak Riri, kami rasa novel mbak bisa kami terbitkan. Ceritanya kuat, karakternya kuat cuma....
(ini dia yg paling gw sebel... masuk dalam tahap 'cuma')
"... cuma kepanjangan! Bisa dipersingkat gak? Trus, banyak kalimat yg gak penting dan muter-muter... bisa tolong di..."
edit?
Well, gue pikir sebenernya novel gw lebih tepat di rehab. Kayak para drugs addict, novel gw emang kudu dicuci otak. Terutama kepala gw yg kudu dicuci.
Bayangin, dari 650 hal yang udah gw tulis dgn sepenuh hati, penerbit minta dipadatin jd maks. 400 hal.
Darling, itu bukan dipadetin... tapi dipermak!
1 tahun gw sama Windy butuh waktu buat ngedit. Bayangin! Bikin novel 6 bulan, ngeditnya... 1 tahun!
So guys... elo kudu baca novel gw. Kudu!
Paling nggak, itu bikin perjuangan gw buat mangkas 250 halaman ide otentik gw jadi terasa manis... huhuhu....

sekilas marriagable
kt org yg udah baca (well, kayaknya yg baca emang musti org... gak mungkin monyet) isi novel gw cuma memaki pria.
kt gw yg nulis... itu memang pekerjaan idaman kami, kaum perempuan, ... memaki pria!
So, kenapa gak gw combine aja hobi dan pekerjaan? Isn't that great?!
Tapi...
sebenarnya sih bukan itu tujuan gw nulis ini novel (walaupun gw merasa tersanjung kalo makian gw mengena). Gw cuma bercerita tentang lima org perempuan (karena gw juga perempuan) on their journey dalam mencari arti... entahlah. Mungkin cinta, mungkin komitmen, mungkin pernikahan, mungkin juga arti diri mereka sendiri di tengah dominasi 'dogma' yg sepertinya diciptakan oleh kaum penghasil sperma.
Seperti...
Ara : "Kenapa sih kita harus cantik, seksi dan pintar utk bisa dipilih oleh pria?"
Dina : "Gak juga. Kita bisa bodoh, asal cantik dan seksi."

that's why we hate models!


27 comments:

Anonymous said...

huahaha...think i'll love your novel, like i always love reading your emails :) can't wait to read it cil! well done for your very first novel published and hope it's not gonna be the only one though...

love,
d i t a

Anonymous said...

Hei...
great novel koq..!!
Hihihi..
baru tau aku, ternyata novel yg bagi aku udah 'panjang' itu adalah hasil persingkatan *apaan coba* dari 650 jadi 400, hehe ^^
Can't wait for the second novel.

Btw..
emang merit itu enak yak? =p

Anonymous said...

GREAT NOVEL... ceritanya bagus, sangat membumi, very true. Sebenernya cerita2 kayak gini selalu bisa qta temuin d sekitar qta. Tapi kadang qta pura2 ga liat, atauw, pura2 cuek, atauw saking uda terbiasanya malah jadi gak ad arasa lagi. Tapi di novel ini kisahnya diangkat lg dengan sangat sangat menarik.
DAn bwat gw kenyataan yg dibeberin dsini bnr2 nyata, whether or not you married with love, ur marriage will always have their ups and downs. In the end yg tinggal adalah kebiasaan loe bersama pasangan and.. komitmen. .TWO THUMBS UP.. !!

Rin said...

Ola..
Nice one! Neva bought Indonesian novel before.. hihihi.. -jujur-
agak males soale..
But somehow urs quite catchy..
Wkt lagi di Gr***** my sis hand it over to me, and i juz grab it..
-pdhl dia juga gak suka baca novel-
she juz said 'may be u shud buy this one'
think u shud say zillion thanks to ur cover designer..huahauhau..
I love ur novel.. love the way u write it.. tokoh2nya konsisten..
I recommend it to my friends..'n they read it dalam wkt yang menakjubkan.. My li'le sis -yang notabene gak suka baca novel itu selesain dalam wkt semalam- mpe jam 7 pagi!
I'll be waiting for ur next novel!
Ciaoo..

Anonymous said...

guess what, really love ur novel. Gw beli 2 lagi Marriagable bwat 2 orang sahabat gw yang mengklaim dirinya menderita karena sampe saat ini lom punya 'calon', padahal umur mereka baru 27. So, gw bukan cuma recommend novel ini, but i bought them !!. Sebagai tanda cinta gw bwat kedua sahabat gw, and to show them that life is not that bad after all. And love will come by itself. And.. of corz, they love this novel. Bravo Riri !!. Looking forward for ur next novel !!. ;p

Anonymous said...

ociiiilll...sirik gue baca comment-nya orang2 yg udah pd baca novel lo!!! gue mau jg dooong...so kapan mau di-published di inggris? biar gue bs beli di sini??? hehehe... well, sounds people love your book! congrats! keith wish it's written in english as well :)

love,
The McHughs

riri sardjono said...

ceniq,
love to know that u really like my novel. Gimana sahabat lo? udah hepi belom sama hidupnya?
btw,
27 th bo! saat itu mah gw masih ngerasa muda bgt dan hidup di depan gw panjang dan luas dibanding mikirin kawin doang.
hehehe...
moga2 mereka suka ya sama bukunya, kayak elo appreciate novel gw.
love that!

dita,
gw pingin banget bisa dirilis di Inggris... cuma saingannya kok JK Rowling bo!
btw,
sori neh belom sempet kirimin lo novel gw. bilang sama keith, gw punya terjemahannya novel gw, tapi dlm bahasa... padang!

Sitta said...

Bwahahahah.. I love the way you write :x

mula2 tertarik beli novelnya karena rada2 ngena juga sih dg kehidupan saya, kehidupan yang dikerubuti tawon. Sampe kadang2 kita malah ga bisa 'nikmati' kesendirian kita n malah terobsesi dg sesuatu yang kedatangannya masih berupa rahasia yang bernama jodoh.. :D

Ratusya said...

mba ri, akhirnya aku menemukan mu...
tau ga sih? g nyari mba kemana2, nanyain imel mba ke milis cosmo, milis cita cinta ampe nanya ke gagas media.
and nobody reply. BT!!!!
begonya g, baru kepikiran untuk nyari di search engine kemaren, and here i am.. telah menemukan mu...!!!

Mba, novel ini...
buagus buanget. my most favorite novel... (i put it on my fave books on friendster!!!^_^)
kerenz...
and i like its ending...
well... sebenernya g mo ngasih komen buanyak & panjang, tapi karena udah kelamaan proses pencarianmu, jadi ada satu kalimat untuk novel mba ini,
it's so romantic...

mba, kabari aku ya, kalo ada novel terbarunya...
sebenernya g mo nanya2 banyak...
tapi karena ini adalah "comment", so tengsin juga kalo kebuanyakan...
hehehehe...

keep the good work!

Anonymous said...

elo hebat yi...beneran...hehehhe, gw bangga punya temen kayak elo apalagi nama gw ada di novel lo hehehehe..Besok2 kalo bikin novel lagi, nama gw ada lagi ya...di jadiin inspirasi juga boleh kok ...(geer aja dulu hehehehe)

wass.
jarotoke

Frieda Ayu Prihadini said...

Bentar... Bentar ini blogger di set taun 2006 ato gwnya aja yang ketinggalan novel mBak riri hingga SATU TAHUN, coz baru baca agustus 2007 nii...

btw... you are amazing. Blak-blakan amit2, bikin gw jadi pengen sekaligus takut buat nikaH, hahaha...
Keep on woRking, MBa riri menumbuhkan rasa menulisku lagi, alhasil jadi bikin bLog baru deh, setelah yang lama ga keurus =)

Proud of U, hebat...

Anonymous said...

ini bener mba riri anaknya pak sardjono ituu??...masih inget aku gak yaa mba..aku dulu kerja di rims sama pak sardjono..:)
-didy-

riri sardjono said...

Didy,
jelas gw masih inget elo banget. Katanya sekarang tinggal di Amrik? Apa kabar lo? Minta mailnya dong...

riri

Anonymous said...

kerennn, baru baca skrg de, ditunggu noel berikutnya nih mbak :) sklian minta ijin blogroll yah *rada maksa jg sih *

Anonymous said...

halo Ms.riri
namaku Lidya aku udah umur 18th, udah cukup gede untuk baca novel ini.
aku baru baca novel marriagable.
kata-katanya pedes banget buat cowok2.
aku suka cara Ms.riri nulis,kaya novel2 chiclit terjemahan,kaya novel2nya Mag Cabot.
oia, berhubung ni novel udah lama diterbitinnya,knp gadibuat film.nya aja ? ?
pasti seru tuh !

P.S.
hmm,emangnya cowok diciptain untuk ga setia ya ? ?

Anonymous said...

novel ini lumayan membius gw. terus terang, gw ngerasa kalo gw itu flory bgt. ga percaya cinta, krn pernah trauma karenanya. the best part yang bikin gw "jedang" bgt adalah perbandingan antara susu ultra dan wine, whuahahahahahaha, bener2 "dalem" banget! =P

i love your novel, mbak!


-Tee-

Anonymous said...

halo mbak riri! aq dah baca novel marriagable dan yang aq bisa katakan cuma "it's so romantic!!!". asli! bikin mupeng! jadi mikir, gimana kalo aq yang kayak gitu? kayaknya nikah itu seru ya! hehehe... tapi two thumbs up buat novelnya! tapi(juga) saya jadi bertanya2, apakah novel marrigable itu sebenarnya impian mbak riri????

Anonymous said...

Mbak Riri,

Hi! Nama gua Eve, 24 tahun. Gua suka banget novelnya. Memang sih kata2nya pedas, but ada benarnya seh. Kenyataan memang menyakitkan, suka atau nganya. Gua ga nyesal banget beli novelnya! Waktu baca sinopsisnya saja, gua udah lansung suka. Gua habisin dalam 6 jam. Yup, tertarik dengan yang susu Ultra, kantong rahim, sperma dan wine itu loh! Aslinya gua juga sarkastis, feminis tapi bukan men-hater apalagi killer, keyakinan terhadap cinta pria-wanita adalah 0, punya target menikah setelah 30 tahun, ya klo dapat mangsa, klo ga ya gak pa pa, hidup gua tidak berakhir atau kiamat. Pandangan gua, pria dan wanita sederajat membuat gua slalu silat lidah ma perempuan2 dalam keluarga gua. Oma gua, cuma memasak lauk ikan sebagai makanan kaum pria di rumah gua, sementara kita yang wanita cukup makan lauk non-ikan. Konyol ga?

Anyway, gua juga stuju klo novelnya difilmkan. Bakal seru kale adegan Flory Vs Vadin trus dialog2 Flory, Dina, Ara, Kika dan Gerry! He3!

Gua juga sangat menantikan novel ke-2, Mbak Riri. Cepatan ya tulisnya! (ga maksa sih!)

Brya said...

Waduh kayaknya ketinggalan ni baru baca Marriagable 3 hr yg lalu. Gpp dong he..he...he... 1st time liat, riri sardjono, hmm siapanya Maria A. Sardjono ya? anaknya, keponakan, atawa... menantu?
Kalo ada yg blg tu novel 'kosong' ah biarin aja. Namanya jg genre hiburan knp mesti berpusing2 ria.
Ga byk novel yg bikin gw ketawa n nangis dlm 1 wkt, n marriagable adl slh 1nya.
Sebenarnya gw penasaran tu sama hasil sebelum edit-an. Menurut gw something missing deh.
Difilmin woooke bgt tu....
u can express what u feel on ur writing, oc!

Anonymous said...

marriagable
ak suka bgt novel mbak yg ini...

Anonymous said...

hai mbak riri...
aq anne dr lombok..aq demen bnget bc marriagable,,gilaa..aq udah bc lebih dr 10x tp tetep nggak bosen2..pengen bc n bc lg..pake pelet apa seh mb???hehehe
jd penasaran apa novel kedua n sterusx akan "segila" marriagable??
kpn di pilemin mb?
oy,,q br bbrp hr ini 25 n blm kwn n novel mb bikin q mimpiin py laki kyk Vadin!!!I love vadin..
laen kali bikin cerita tentang penulis y mb,,
ditungguuuuu.

Anonymous said...

great novel. gw tertarik sama analogi rahim-susu ultra dan sperma-wine nya.
agak sarkastik tp ada benerny jg sihh.. hehee.
btw, tp gw jd bingung nih..jd ntr klo gw mw kawin, mndg pke cinta ato pake logika??

@_@

Anonymous said...

mbak riri.
aq baru baca novel mu n sumpah keren bgt,,
apalagi teori tntg mr. right ny,,
jokes2 nya jg smart bgt,,hahaha..
ditunggu novel selanjutny y,,,

-yayoi-

Anonymous said...

a very great indonesia novel,awalnya bosen baca tuh novel tapi mau gak mau musti gw baca coz calon suami gw yg beliin itu novel(b'coz at that time gw ketahuan had affair with my x boy friend),and ceritanya menarik.ditambah lg temen2 gw ternyata jg punya novel mariaggable..kpn nih riri pubilsh the new ones..can't hardly wait

Anonymous said...

hai mbak....
jujur marriagable novel favorit aku...
dah lama buanget pengen bilang ini sama mbak... U R So Genius....
novelnya bisa bikin yang baca tuh ketawa ngakak, cemberut, kesel plus marah karena ulah flory yang rada-rada aneh.
chayo...aku tunggu novel baru mbak....


love,
Nda

Anonymous said...

Yah...
Yang terbit cuman 400 halaman...
Gimana kalo novel versi 650 halaman (unedited) bisa didownload gratis. Pasti asyik tuh...

Anonymous said...

pertama kali diterbitin taun 2006,tapi baru aku tahu kalo ada novel sekeren ini beberapa hari lalu. hehe... pas baca sinopsisnya,,, tanpa pikir panjang langsung aku comot nih novel. dan ternyata isinya ngga jauh beda dari perkiraanku. bahasa yg kocak dan isinya yg sedikit liar... inilah yg jadi favoritku.
ditunggu novel keduanya... dan usulan download gratis versi asli novel ini boleh juga tuh!!!
-phi-